Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Batu Secara Tradisional

10.36
Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Batu Secara Tradisional - Jerawat tidak semuanya berukuran kecil ada beberapa jenis jerawat dengan ukuran besar dan pastinya sulit untuk dilang, jerawat ini biasanya disebut dengan jerawat batu, disebabkan oleh beragam faktor mulai dari hormon, bakteri, sebum, kosmetik, sel kulit mati dan sebagainya. Untuk mengatasi jerawat ini juga lebih sulit jika dibandingkan dengan jerawat-jerawat yang berukuran kecil, penggunakan obat-obatan biasanya lebih dianjurkan karena lebih cepat dan tuntas untuk atasi jerawat jenis ini.

Pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit mengenai jerawat batu, mulai dari ciri-ciri, penyebab, cara mengobatinya, dan beberapa tips sederhana agar jerawat batu lebih cepat hilang.
Ciri-Ciri Jerawat Batu
Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang terburuk. Bakteri yang terjebak di dalam pori-pori menyebabkan area tersebut menjadi merah dan bengkak. Jerawat batu terjadi karena adanya infeksi jauh di dalam kulit. Infeksi sering menciptakan benjolan yang penuh dengan nanah dan kulit kemerahan. Dikutip dari She Finds, jerawat ini juga dikenal sebagai jerawat kistik, yang biasanya menyakitkan ketika disentuh dan menggerakkan wajah. Ciri-ciri lain jerawat batu:
  • Membengkaknya area yang ditimbuli jerawat.
  • Wajah terasa panas dan gatal.
  • Jika dipencet akan mengeluarkan nanah bahkan darah.
  • Biasanya jumlahnya tidak banyak tetapi berukuran besar.
  • Biasa muncul di dahi, hidung, dagu, dan pipi.

Penyebab Jerawat Batu
Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kenapa Anda memiliki jerawat batu, namun hormon androgen bisa ditunjuk sebagai pemicunya. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja.
A. Kosmetik
Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

B. Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

C. Sel-sel kulit mati
Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

D. Stres
stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

E. Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

F. Telepon Genggam
Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

G. Produksi minyak berlebihan
Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Tradisional
Sampai sekarang belum banyak penelitian yang mengatakan bahwa jerawat batu bisa sembuh dengan menggunakan cara tradisional seperti menggunakan bahan alami, karena jerawat batu itu sendiri terbentuk dikarenakan adanya infeksi jauh didalam kulit dan saat menggunakan bahan-bahan alami, bahan tersebut tidak dapat masuk kedalam kulit apalagi bersentuhan langsung dengan bakteri penyebab jerawat. Namun melakukan gaya hidup sehat, rajin membersihkan wajah, dan menjauhi penyebab utama jerawat batu merupakan kunci utama agar jerawat ini cepat sembuh.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Cepat Dan Tuntas
Jangan pernah dipencet, Jika jerawat jenis ini dipencet, maka hal ini akan memperburuk kondisinya dan bahkan menimbulkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan. Segera setelah jerawat ini terbentuk, oleskan krim antibiotik selama beberapa kali sehari agar peradangan serta bakterinya mati. Jika Anda ke dermatologis, maka ia bisa memberi obat antibiotik maupun pil pencegah kehamilan untuk mengatur hormon (jika jerawat disebabkan oleh perbahan hormon). Jerawat batu tidak bisa disembuhkan secara tuntas hanya dengan memakai obat jerawat yang dijual bebas di pasaran karena disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini adalah obat-obatan yang bisa menyingkirkan jerawat batu dari wajah Anda:
Antibiotik. Selain bisa membantu mengontrol bakteri, antibiotik juga bisa meringankan peradangan pada jerawat batu Anda. Namun terkadang, ada pula jerawat yang kebal terhadap antibiotik.
Obat retinoid. Dokter akan memberikan obat-obatan krim, gel, atau salep yang mengandung retinoid (vitamin A). Obat oles ini dapat mengatasi pori-pori yang tersumbat sekaligus mendukung obat antibiotik untuk dapat bekerja lebih efektif.
Spironolactone. Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi hormon penyebab jerawat di tubuh Anda.
Isotretinoin. Kebanyakan orang berhasil menyingkirkan jerawat batu di kulit mereka secara permanen dan tuntas. Obat ini berfungsi menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Jika jerawat kembali muncul, ulangi pengobatan ini atau untuk lebih jelasnya konsultasikan kepada dokter.

Tips Agar Jerawat Batu Cepat Hilang
Jerawat batu bisa muncul kembali jika tidak diatasi sampai penyebab utamanya, berikut beberapa tips agar jerawat batu cepat sembuh dan tidak muncul kembali.
  • Stres bisa memicu produksi hormon, yang mana hal ini bisa memperparah jerawat batu. Jadi luangkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran.
  • Ketika memiliki jerawat, Anda pasti ingin menyentuh atau memencetnya. Namun ubahlah kebiasaan itu karena menyentuh atau memencet jerawat bisa membuatnya terinfeksi atau terluka, terlebih jika kondisi tangan Anda kotor.
  • Cuci wajah Anda dua kali sehari. Usap dengan lembut wajah Anda menggunakan sabun, lalu bilas dengan air hangat.
  • Perhatikan apa saja yang sering bersentuhan dengan wajah Anda, seperti rambut, telepon genggam, kerudung, helm, topi, atau handuk. Pastikan kebersihan benda-benda yang tertempel pada wajah Anda.
  • Jaga kebersihan tangan karena bagian tubuh ini sering menyentuh bagian wajah Anda. Tangan kotor penuh kuman bisa memperparah jerawat batu.
  • Hindari mengaplikasikan wajah dengan facial scrub, masker, astringen, atau produk yang mengandung minyak. Produk-produk tersebut bisa memperparah jerawat Anda.
  • Tidur yang cukup.
  • Berolahraga juga bisa mempercepat penyembuhan.

Baca: Baking Soda Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔