Bebas Jerawat: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

12.25
Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis - Penggunaan bahan-bahan alami dalam mengatasi masalah jerawat bukan merupaka hal yang asing lagi, terutama bahan-bahan alami yang memiliki kandungan banyak vitamin dan mineral yang dapat menutrisi kulit, membunuh bakteri dan mempercepat peremajaan kulit menjadi salah satu kriteria yang wajib dimiliki bahan tersebut.

Jeruk nipis menjadi salah satu pilihan yang tepat, mengandung tinggi akan vitamin C yang sangat berperan penting terhadap kesehatan kulit, untuk mendapatkan manfaat dari jeruk nipis anda bisa memperolehnya dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau menggunakannya sebagai masker wajah. Pada artikel kali ini akan kita bahas sedikit tentang jeruk nipis mulai dari kandungan, manfaat, cara membuat masker, dan tips menggunakanya.
A). Kandungan Jeruk Nipis
Dikutip dari situs klikdokter.com: Berdasarkan data dari US Department of Agriculture National Nutrient Database, perasan 1 buah jeruk nipis (44 gram) mengandung 11 kalori, 4 gr karbohidrat dan dapat memenuhi 22% anjuran asupan vitamin C harian Anda.

Selain tinggi vitamin C, ternyata jeruk nipis juga memiliki kandungan bermanfaat berikut ini:

Vitamin B Kompleks
Tak hanya vitamin A dan C, jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik seperti asam pantotenat, piridoksin dan folat. Vitamin B kompleks diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh terutama sel dan saraf serta menghambat produksi sebum/ minyak kulit secara berlebih.

Vitamin A dan Antioksidan
Jeruk nipis juga mengandung vitamin A dan antioksidan lainnya, seperti alpha, ß-carotenes, ß-cryptoxanthin, zea-xanthin dan lutein. Vitamin A dan antioksidan tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan membran mukosa kulit, serta kesehatan mata.

Mineral
Jeruk nipis juga mengandung berbagai mineral, seperti zat besi, potasium dan kalsium yang diperlukan tubuh untuk dapat mempertahankan fungsinya dengan optimal.

Zat Fitokimia
Sama seperti buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis mengandung berbagai fitokimia yang dapat berperan sebagai antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan diperlukan untuk menangkal radikal bebas, berperan sebagai zat antiradang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asam Sitrat
Rasa asam jeruk nipis berasal dari asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Asam sitrat merupakan pengawet alami, yang dapat memperlancar pencernaan dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Meski jeruk nipis kaya akan berbagai manfaat, namun Anda tetap harus tetap membatasi konsumsinya. Apalagi jika Anda adalah penderita magh. Pasalnya, konsumsi jeruk nipis dalam bentuk jus atau perasaan di saat kondisi perut sedang kosong dapat merangsang produksi asam lambung berlebih.

B). Manfaat Jeruk Nipis Untuk Jerawat
Air perasan jeruk nipis termasuk salah satu minyak alami yang sangat bermanfaat bagi kulit, baik dikonsumsi langsung atau dioleskan ke bagian kulit. Jeruk nipis mampu meremajakan kulit, membuatnya tetap bersinar, dan melindungi kulit dari infeksi.

A. Mampu mengangkat sel kulit mati
Manfaat lain dari jeruk nipis ini juga bisa membantu anda dalam mengangkat sel – sel kulit mati yang ada pada wajah, sel kulit mati terkadang membuat wajah menjadi gelap dan juga terlihat sangat kusam, terutama sel kulit juga dapat membuat pori-pori tertutup penyebab tumbuhnya jerawat.

B. Antibakteri
Kandungan yang ada di buah lemon berfungsi sebagai antibakteri dan jamur yang membuatnya sangat efektif mengatasi jerawat. Anda dapat menggosokkan irisan lemon langsung ke wajah, atau untuk menghilangkan noda hitam bisa mencampurkan lemon dengan berbagai bahan alami lainya seperti madu.

C. Menyegarkan kulit
Berkat vitamin C yang terkandung dalam lemon, kulit akan mendapat banyak asupan nutrisi. Menurut FitDay, vitamin C akan membantu meningkatkan produksi kolagen. Hal ini akan membantu mengurangi kerutan di wajah sehingga Anda terlihat lebih muda.

D. Mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori
Selain merangsang produksi kolagen, menghilangkan sel-sel kulit mati, lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih wajah. Jika Anda menderita kulit berminyak, lemon mampu membantu membersihkan seluruh pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan debu.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasukkan kulit lemon ke dalam semangkuk air panas. Biarkan kulit wajah Anda terkena uap air panas selama beberapa menit. Selain membersihkan pori, cara ini juga mampu membantu meremajakan kulit.

C). Membuat Masker Jeruk Nipis Untuk Jerawat
Buah-buahan yang mengandung asam tinggi seperti lemon dan jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat, sebab sifat asam dalam buah-buahan tersebut mirip dengan pH alami kulit manusia, sehingga bisa menangkal bakteri dan kuman yang menjadi penyebab jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang membandel, Anda bisa membuat masker dari jeruk nipis, berikut beberapa contoh masker yang terbuat dari jeruk nipis:
1. Jeruk Nipis dan Madu
Madu dikenal memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit manusia sehingga tak heran jika madu tidak hanya dikonsumsi tetapi juga sering kali dijadikan masker wajah. Manfaat madu yang melembabkan dan menghilangkan bintik hitam serta jeruk nipis yang mencerahkan wajah merupakan salah satu perpaduan yang sangat sempurna.

Cara membuat masker ini sendiri sangatlah mudah yaitu kita campurkan dua sendok madu dengan air perasaan jeruk nipis lalu aduk hingga menyatu. Setelah itu tinggal diaplikasikan saja pada wajah Anda, oleskan secara merata dan diamkan selama 20 menit. Lalu baru dibilas menggunakan air bersih.

2. Jeruk Nipis dan Tomat
Kombinasi jeruk nipis dan tomat khasiatnya tidak kalah dengan perpaduan antara jeruk nipis dan madu. Baiklah langsung saja, untuk cara membuatnya sangat mudah yaitu kita haluskan terlebih dahulu tomat secukupnya kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis. Setelah tercampur rata maka oleskan pada wajah Anda secara merata dan diamkan selama 30 menit. Gunakan masker ini secara rutin dan teratur agar hasilnya maksimal.

3. Jeruk Nipis dan Putih Telur
Perpaduan antara jeruk nipis dan putih telur merupakan kombinasi yang sempurna karena selain wajah menjadi cerah, putih telur juga bisa membantu menghilangkan kerutan dan keriput pada wajah. Untuk membuat ramuan tradisional pemutih wajah ini sangatlah mudah yaitu kita ambil putih telur ayam kampung lalu kemudian teteskan air perasan jeruk nipis secukupnya, lalu aduk hingga kedua bahan tercampur rata.

4. Jeruk Nipis
Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan jeruk nipis secara langsung tanpa harus mencampurnya dengan bahan alami lainnya. Ambil jeruk nipis yang masih segar, kemudian belah menjadi dua bagian. Nah, setelah itu tinggal Anda gosokan saja pada wajah namun perhatikan jangan terlalu keras ketikan menggosoknya karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Lakukan cara ini secara teratur dan rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu

D). Tips Menggunakan Masker Jeruk Nipis
  • Gunakan masker jeruk nipis cukup 1-2 x/minggu selama 30 menit atau selama kulit anda masih tahan. Hindari mengenakan masker jeruk nipis >60 menit.
  • Pastikan pisau yang anda gunakan untuk memotong bersih dan bebas dari kotoran / bahan lain.
  • Hindari memakai masker jeruk nipis setiap hari.
  • Pastikan mencuci bersih jeruk nipis sebelum digunakan.
  • Gunakan pelembab saat akan beraktifitas diluar ruangan.
Baca: Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Batu Secara Tradisional.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔