5 Jenis Jerawat Paling Umum Dan Ciri-Cirinya

13.47
Jenis Jerawat: Ingin kulit wajah bersih dan sehat, ini mungkin salah satu keinginan pertama bagi orang-orang yang mengalami masalah jerawat, namun saat orang berjerawat melakukan beragam perawatan dari A sampai Z untuk menghilangkan jerawat mereka, namun sering kali melupakan salah satu hal yang paling penting, yakni mengetahui jenis jerawat.

Banyak sekali jenis jerawat mulai dari yang paling ringan sampai yang paling parah, ciri-ciri dan perawatan jenis jerawat yang satu dengan jenis yang lain juga terkadang berbeda, agar jerawat cepat sembuh maka hal pertama yang perlu diperhatikan yakni mengetahui ciri dan jenis jerawat kalian.

Jenis Jerawat Dan Ciri-Cirinya
Jerawat memiliki beragam bentuk dan ukuran, ada jerawat yang hanya berukuran kecil dan mudah diatasi seperti komedo, namun ada juga jerawat dengan ukuran besar dan memerah seperti kista, Berikut beberapa penjelasan sederhan tentang jenis jerawat:
jenis jerawat
  • Komedo Putih
Komedo putih terbentuk karena adanya pori-pori kulit yang tersumbat oleh kulit mati, bakteri, dan minyak, sehingga sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak tidak dapat keluar dan jika lama kelamaan dibiarkan dapat berubah menjadi jerawat yang lebih parah.

Komdeo putih dapat muncul pada bagian kulit yang mudah berminyak seperti dagu, hidung, dan dahi. Namun komedo putih juga dapat muncul pada bagian tubuh lainya seperti dada dan punggung. Komedo putih merupakan jenis jerawat yang mudah diatasi biasanya dengan menerapkan pola hidup sehat yakni berolahraga dan selalu menjaga kebersihan kulit wajah.
  • Komedo Hitam
Komedo hitam sama halnya dengan komedo putih, namun jika komedo putih tertutup dari udara luar sedangkan komedo hitam terbuka dan mudah terpapar oleh udara, kotoran yang terdapat dalam pori-pori kulit mengalami oksidasi karena bereaksi dengan udara langsung sehingga mengakibatkan kotoran penyumbat berubah warna menjadi hitam.
  • Papula
Papula merubakan fase kelanjutan dari komedo putih, dimana penyumbat kulit yakni sebum, bakteri, dan kulit mati mengakibatkan peradangan, Papula biasanya ditandai dengan warna merah dan jika disentuh terasa meradang. Langkah pertama untuk mengatasi jenis jerawat ini adalah dengan membiarkanya dan hindari sebisa mungkin untuk tidak menyentuhnya, kemudian gunakan obat jerawat yang tepat.
  • Pustula
Pustula merupakan fase kelanjutan dari papula, ditandai dengan adanya nanah didalamnya dan jika disentuh akan terasa sakit. Pustula memiliki ukuran yang lebih besar dari papula dan anda akan merasa ingin sekali memencetnya. Untuk mengatasi jerawat ini tunggulah sampai nanah didalam jerawat keluar atau jika kalian ingin mengeluarkan nanahnya maka usahakan untuk lebih berhati-hati agar bakteri didalam jerawat tidak menyebar ke bagian kulit lainya.
  • Jerawat Parah: Kista, Nodula, dan Conglobat (jerawat batu)
Jerawat ini merupakan jenis jerawat fase lanjut. Kista merupakan jenis jerawat besar yang didalamnya terdapat nanah dan jika disentuh terasa sakit, nodula adalah jerawat dengan ukuran besar kemerahan dan tidak terdapat nanah didalamnya. Sedangkan conglobat adalah jenis jerawat paling parah ditandai dengan seluruh wajah terdapat jerawat baik itu jenis kista maupun nodula, antara satu jerawat dengan jerawat lainya saling terhubung. Konsultasikan pada dokter spesialis kulit untuk pengobatan lebih lanjut.

Perawatan dan pengobatan jerawat banyak yang anda bisa pilih, seperti untuk perawatan anda bisa melakukan masker wajah, terapi leser, peeling wajah, dan ekstrasi komedo. Sedangkan untuk pengobatan dapat dengan menggunakan beragam obat sesuai dengan ciri-ciri dan kondisi jerawat seperti penggunaan obat antibiotik, obat hormonal, retinoid, dan kortikosteroid. Baca: 5 Tips Ampuh Mencegah Jerawat Muncul Kembali.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔